RSS

Kanker VS Rambut Rontok

14 Mei

Halmahera Co Ass Room, Jumat 13 Mei 2011

 

Lama gak pernah liat acara teve, rasanya makin heran aja liat sinetron-sinetron yang lagi tayang. Berhubung ada yang bawa teve, jadi ikut nimbrung liat deh. Ada salah satu cuplikan sinetron di salah satu teve swasta yang bikin Sari gemezzz dan rasanya crunchy abieszz. Garis besar cuplikannya gini nih :

*Sebut saja nama tokohnya “Kembang” Ceritanya, Si Kem (*kembang red) yang culun ini punya suami yang ganteng (Sebut saja kumbang). Padahal Si Kum (*kumbang red) ini udah diincer sama seorang cewek (Sebut saja kutu)yang kesengsem banget sama si cowok ini. Terus Si Kut (*kutu red) tadi menyamar jadi seorang Dokter pribadi Si Kem. Si Kut memvonis Si Kem sakit kanker otak. Nah, untuk lebih menyakinkan Si Kum dan kedua orang tuanya bahwa Si Kem ini kanker otak, maka Si Kut mengganti shampo si Kem dengan shampo perontok rambut. Terus waktu melihat rambut Si Kem rontok, Si Kum berkata:

“Kasihan si Kem, hari ini rambutnya tambah rontok. Sepertinya kanker otaknya makin parah.”

???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Spontan saya terbengong, dan wkwkwkwkwk tertawa…. Apa hubungannya kanker otak dengan rambut rontok ? Sepertinya ada yang mesti diluruskan di sini. Begini penjelasannya…

Rambut Rontok pada Penderita Kanker

Penderita kanker mengalami kerontokan rambut akibat menjalani kemoterapi. Kerontokan rambut sama sekali tidak ada hubungannya dengan tingkat keparahan suatu kanker. Kerontokan tersebut disebabkan karena efek dari kemoterapi kurang selektif. Pada dasarnya, efek kemoterapi adalah membunuh semua sel yang tumbuh dengan cepat seperti yang terjadi pada sel kanker. Sel folikel rambut kita mempunyai sifat tumbuh dengan cepat sehingga juga terkena efek dari obat kemoterapi. Rambut akan rontok pada hari 10 – 14 setelah penggunaan kemoterapi pertama kali. Rambut semakin lama akan menipis dan akhirnya rontok. Tidak hanya rambut kepala, namun juga alis mata, bulu mata, rambut badan dan rambut kemaluan pun ikut terkena efek kemoterapi. Kerontokan ini tidak permanen, dan akan perlahan tumbuh setelah 4 – 6 minggu paska kemoterapi komplit.

Pada kanker otak, karena target obat kemoterapi harus mencapai kepala maka efek terhadap kerontokan rambut kepala menjadi lebih besar. Namun demikian, tidak semua orang yang menjalani kemoterapi akan mengalami kerontokan rambut total, bisa saja sebagian atau hanya penipisan rambut atau bahkan tidak mengalami kerontokan sama sekali. Kemoterapi selain pada kanker otak menyebabkan efek kerontokan rambut yang lebih kecil.

Berikut ini tips bagi yang mengalami masalah kerontokan rambut untuk yang menjalani kemoterapi :

  1. Pilih potongan rambut yang pendek. Rambut pendek akan terlihat lebih berisi dan mengurangi beban akar rambut sehingga dapat mempertahankan rambut lebih baik.
  2. Gunakan shampo yang lembut seperti shampo bayi
  3. Sisir rambut anda dengan sisir yang bergigi jarang
  4. Kurangi frekuensi mencuci rambut menjadi beberapa kali saja dalam seminggu
  5. Hindari penggunaan aksesoris rambut
  6. Kurangi penggunaan pengering rambut
  7. Gunakan sarung bantal dari kain satin yang lembut
  8. Lindungi kepala dari sinar matahari dengan topi

Sekarang, jelas kan bahwa tidak ada hubungannya antara kerontokan rambut dengan keparahan kanker. Oleh karena itu, kepada semua pihak yang ingin menampilkan sesuatu hal berkaitan dengan keilmuan bidang tertentu diharap berkonsultasi lebih dahulu dengan ahlinya. Sari rasa, konsultasi singkat saja dapat memberikan manfaat yang besar bagi tontonan masyarakat Indonesia.

Masalahnya, sekarang ini lebih banyak penduduk Indonesia yang nonton teve daripada yang membaca buku. Makanya informasi terbesar yang diserap oleh penduduk Indonesia sebagian besar dari acara televisi. Kalau acaranya lebih bermutu dan berbobot, InsyaAllah para sutradara dan para kru pertelevisian sekalian juga ikut menyukseskan program mencerdaskan bangsa. InsyaAllah ilmu yang bermanfaat akan menjadi amal jariyah yang tidak akan pernah terputus hingga hisab kita di akhirat kelak. Maju terus IndonesiaKu!

Sumber :

http://lungcancer.about.com/od/livingwithlungcancer/a/hairloss.htm

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 14, 2011 in Kesehatan

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: